Contoh Soal Ujian Kenaikan Kelas (UKK) Semester Genap Mata Pelajaran Akhlak Kelas XI MA
A. Pilihan Ganda (Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban yang paling benar)
1. Akhlak berasal dari bahasa arab, akhlaqa, yukhliqu, ikhlaqan yang berarti
a. Al-sajiyah (perangai)
b. As-sajaah (berani)
c. Al-Huluq (akhlak)
d. Al-Ihsan (baik)
e. Iffah (menahan)
2. Segala nilai dan sifat yang tertanam dalam jiwa sehingga seseorang dapat menilai perbuatan baik atau buruk, kemudian memilih melakukan atau meninggalkan perbuatan tersebut ....
a. Hikmah
b. Akhlak
c. Syaja’ah
d. Iffah
e. Qanaah
3. Mencari kesempurnaan diri manusia dengan menggambarkan segala urusan dan membenarkan segala hakikat baik yang bersifat teori maupun praktik menurut kadar kemampuan manusia disebut ....
a. Hikmah
b. Akhlak
c. Saja’ah
d. Iffah
e. Qana’ah
4. Menahan diri sepenuhnya dari sesuatu yang Allah Swt haramkan merupakan pengertian ....
a. Iffah
b. Qana’ah
c. Saja’ah harbiyah
d. Saja’ah linafsi
e. Marah
5. Qulil haq walau kaana muuran (katakan yang benar meskipun itu pahit) dan berkata benar di hadapan penguasa yang zhalim adalah juga salah satu bentuk....
a. Jihad bil lisan.
b. Jihad bil arkan
c. Jihad bi nafsi
d. Jihad bil qaul
e. Jihad bin nafsu
6. Syaja’ah atau pemberani atau kesatria tentu berbeda dengan bersikap....
a. Pengecut
b. Ngawur
c. Pemarah
d. Pendendam
e. Penghancur
7. Orang yang berani dan kesateria adalah...
a. Orang yang bekerja dengan baik, cermat dan penuh perhitungan
b. Orang yang pinter, kober, benar
c. Orang yang tidak bertanggungjawab
d. Orang yang malas-malasan
e. Orang yang selalu bekerja keras tanpa perhitungan
8. Akhlak berasal ari bahasa arab jama’ dari “Khuluqun” yang artinya …
a. Perangai
b. Baik
c. Buruk
d. Asosial
e. Etika
9. Segala sifat yang tertanam dalam hati yang menimbulkan kegiatankegiatan dengan ringan dan mudah tanpa memerlukan pemikiran tanpa pertimbangan. Pengertian akhlak menurut …
a. Ibnu Maskawih
b. Al-ghazali
c. Imam Syafi’i
d. Al-amin
e. Imam Samudra
10. Dalam kitabnya Tahdzibul Akhlaq wa Tathhirul A’raq, akhlak adalah....
a. Sikap jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
b. Sikap seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatanperbuatan melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
c. Sikap jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
d. Sikap seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatanperbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
e. Sikap individu yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan perbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
11. Dalil naqli tentang akhlak termaktub pada al-Qur’an Surat …
a. Al-Qalam : 4
b. Al-Baqarah : 4
c. An-Nisa’ : 44
d. Al-Hujurat : 4
e. Al-Ma'un: 2
12. Loyalitas kepada Allah Swt dan Rasul-Nya dan Islam adalah sebagian dari....metode kualitas akhlak
a. Macam-macam
b. Pembagian
c. Hikmah
d. Menghindari
e. Akhlakul karimah
13. Sikap toleran [tasamuh] dan memaafkan, toleransi itu sinonim dengan …
a. Lien (lemah lembut) dan tasahul (murah hati).
b. Saja’ah
c. Qana’ah
d. Iffah
e. Akhlak
14. Kesungguhan (Jiddiyah) mempunyai dua pengertian; 1) Ijtihad dan …
a. Tark al-hazl (meninggalkan sendau-gurau)
b. Jiddiyah
c. Tahārah
d. Saja’ah
e. fuquhah
15. Kerinduan universal dalam hati nurani manusia untuk menunggal Allah SWT. dalam mistisisme Islam disebut ....
a. Zuhud
b. Tasawuf
c. Qona’ah
d. Iffah
e. Musawwah
16. Pencetus teori Baqa’ adalah ....
a. Abu Yazid al-Busṭami
b. Abu Musa Al-Asy’ari
c. Ibnu Maskawih
d. Abu Yuzad al-Bustami
e. Abu Bakar As-Siddiq
17. Mengkosongkan diri dari perangai yang tercela disebut ....
a. Takhalli
b. Takhilli
c. Tahalli
d. Tajalli
e. Tawakal
18. Ibrahim Basyuni mengategorikan tasawuf menjadi 3 hal adalah ....
a. Al-Bidayah, al-Mujahadah, al-Mazaqat
b. Al-Bidiyah, al-Mujihidah, al-Madzaqat
c. Al-Madzaqat, al-Munziyah, al-Bid’ah
d. Al-Bidayah, al-Karomah, al-Mujahadah
e. Al-Mujahadah, al-Mukaromah, al-Mu’ziyat
19. Dikatakan bahwa tasawuf berasal dari kata Yunani adalah Theosophos yang artinya ....
a. Hikmah/kearifan
b. Kesabaran
c. Keutuhan
d. Keharmonisan
e. Kemanusiaan
20. Harun Nasution berpendapat bahwa istilah-istilah tasawuf shuf yang artinya ....
a. Barisan
b. Suci
c. Kebijaksanaan
d. Bulu domba
e. Orang yang ikut pindah
21. Istilah tasawuf adalah ahl-al-suffah menurut pendapat ...
a. Ibnu Maskawih
b. Harun Nasution
c. Harjo Nasution
d. Ahmad Tafsir,MA
e. Prof.Dr.H. Hidayat, MA
22. Maqamat menurut istilah adalah upaya sadar untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. melalui tahapan-tahapan untuk mencapai ....
a. Ma’rifatulloh
b. Sunnahtullah
c. Zuhud
d. Sufi
e. Hidayatulloh
23. Contoh orang yang memiliki maqamat dan al-aḥwal dalam tasawuf adalah
a. Tobat, Sabar
b. Orang yang berbuat keji dan munkar
c. Pemarah, sukdon
d. Orang yang melakukan kejahatan
e. Orang yang tidak menyesali perbuatan yang telah dikerjakan
24. Menurut Abu Nasr As-Sarraj maqamat dalam tasawuf merupakan jalan panjang secara berjenjang yang harus ditempuh oleh seorang sufi untuk berada dekat dengan Allah SWT. diantaranya ....
a. Tobat, Wara, Fakir,. Sabar
b. Tobat, miskin, kafir
c. Tobat, miskin, pemarah
d. Tobat, wara’, zina
e. Tobat, zuhud, kafir
25. Ditinjau dari segi obyeknya, maka tasawuf dapat dikatagorikan menjadi tiga yaitu
a. Tasawuf imani, amali dan falsafi
b. Tasawuf akhlaki, amali dan Ibadi
c. Tasawuf imani, taqarrabbi dan Insani
d. Tasawuf ahlaki, amali dan falsafi
e. Tasawuf ahlaki, amali dan insani
26. Inti tasawuf sebagai upaya melatih jiwa dengan berbagai kegiatan yang dapat membebaskan diri dari pengaruh kehidupan dunia sehingga tercermin:
a. akhlak manusia dengan sesama dan dengan Allah SWT.
b. akhlak manusia yang dapat mendatangkan rahmat Allah SWT.,
c. akhlak yang manusia yang telah diajarkan Allah SWT.,
d. akhlak yang mulia dan dekat dengan Allah SWT.,
e. akhlak yang dapat menjamin ampunan dari Allah SWT.,
27. Apabila ditelusuri dari sejarah kehidupan Rasulullah, tasawuf telah ada sejak zaman Rasulullah, yang tergambar dalam kehidupannya yaitu:
a. Beliau hidup berkecukupan, setiap malam banyak mengunjungi rumah sahabat-nya untuk bersilaturrohim,
b. Beliau hidup apa adanya, setiap saat banyak merenung dan memikirkan ummat yang dibina
c. Beliau hidup sederhana, setiap malam senantiasa beribadah kepada Allah SWT.
d. Beliau hidup serba ada, setiap malam banyak bertafakkur akan nikmat Allah SWT.
e. Beliau hidup dalam kesulitan, sehingga setiap malam tidak sempat tidur dan bangun untuk beribadah
28. Suasana kehidupan modern yang dibanjiri oleh berbagai paham sekuler seperti materialisme dan hedonisme, sering menyeret manusia kepada :
a. kehidupan yang penuh persahabatan dan kerja sama yang mandiri
b. kehidupan yang penuh harapan dan keinginan yang memuaskan
c. kehidupan yang penuh persaingan, rakus, boros, saling merugikan
d. kehidupan yang penuh kemenganan dan kebahagia-an yang memuaskan
e. kehidupan yang gamang dan tidak jelas apa yang harus dilakukan
29. Seorang sufi yang memiliki nama lengkap Abu Said al-Hasan ibnu abil Hasan adalah....
a. Al-Gazali
b. Rabiah al-Adawiyah
c. Zun Nun al-Misri
d. Abu Yazidul Bustami
e. Hasan al-Basri
30. Zuhud artinya....
a. Ingin
b. Tidak ingin
c. Dahulu
d. Berharap
e. akan
31. Berikut ini yang termasuk dasar-dasar ajaran Hasan al-Basri adalah ....
a. Tawakal, taat, takwa
b. Ta’at, ibadah, istikamah
c. Zuhud, kauf, dan raja
d. Hulul, khauf dan raja’
e. Mahabah, khauf dan raja
32. Julukan dari Rabi’ah al-‘Adawiyah adalah....
a. Abu al-Khair
b. Ummu al-Khair
c. Akhu al-Khair
d. Ukhtu al-Jamil
e. Ummul Jamil
33. Zun Nun adalah peletak dasar-dasar perjalanan sufi menuju Allah Swt yang disebut....
a. Hulul
b. Maḥabah
c. Maqamat
d. Zuhud
e. Suluk
34. Ajaran sentral Ibnu Arabi adalah....
a. Hulul
b. Suluk
c. Wihdah al-wujud
d. Syatahat
e. Makrif
35. Berikut ini pembagian cinta menurut Ibnu al-Qayyim al-Jauziah kecuali
a. Mencintai
b. Mencintai segala yang dicintai Allah Swt
c. Mencintai ciptaan Allah Swt
d. Cinta bersama Allah Swt
d. Cinta kepada Allah dan kepada Allah Swt
36. Secara bahasa shilah ar-rahim (silaturahmi) artinya ....
a. Hubungan kekerabatan.
b. Hubungan persaudaraan
c. Hubungan pertemenan
d. Hubungan sebanya
e. Hubungan antar keluarga
37. Silaturahmi sebagai ungkapan tentang berbuat baik kepada kerabat, orang yang memiliki hubungan nasab dan perkawinan pengertian silaturahmi menurut pendapat ....
a. Imam an-Nawawi
b. Abu Tayyib
c. Imam Syafi’i
d. Imam Hambali
e. Maskawih
38. Silaturahmi sebagai berbuat baik kepada kerabat sesuai dengan kondisi orang yang menyambung pengertian silaturahmi menurut pendapat ....
a. Imam an-Nawawi
b. Abu Tayyib
c. Imam Syafi’i
d. Imam Hambali
e. Maskawih
39. Dalil tentang silaturahmi termaktub pada ....
a. Q.S. an-Nisaa’ : 2
b. Hadis qudsi
c. Q.S. an-Nisaa’ : 1
d. Q.S. Baqarah : 1
e. Q.S. Ali Imran : 10
40. Syekh Abdul Azis bin Fathi as-Sayyid Nada dalam kitab Mausuu’atul Aadaab al-Islamiyah merinci adab-adab tentang ....
a. Adab Silaturahmi
b. Adab bergaul
c. Adab berpakaian
d. Adab berhias
e. Adab makan dan minum
41. Syekh Sayyid Nada, hendaknya seseorang saling mengunjungi satu sama lain, terutama pada ....
a. Hari Id dan pada saat-saat tertentu
b. Hari besar nasional
c. Hari pernikahan
d. Hari kelahiran
e. Hari kartini
42. Allah memberikan pahala yang besar kepada orang muda yang berlaku hormat kepada orang yang ....
a. Lebih tua usianya
b. Lebih muda
c. Sebaya
d. Lawan jenis
e. Sejenis
43. Ikhtilaṭ itu adalah campur baurnya seorang wanita dengan laki-laki di satu tempat tanpa ....
a. Ada kainnya
b. Ada hijab
c. Ada kaos tangannya
d. Ada penghalungnya
e. Ada batasnya
44. Orang Islam harus yakin bahwa kehormatan kita harus dijaga dan ....
a. Dipelihara
b. Di simpan
c. Di hormati
d. Di sayangi
e. Di cintai
B. Isilah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat !
1. Seseorang dapat menilai perbuatan baik atau buruk, kemudian memilih melakukan atau meninggalkan perbuatan tersebut disebut.....
2. Bila seorang muslim dituntut untuk memiliki ‘iffah maka seorang muslimah. Hendaknya ia memiliki ‘iffah sehingga ia menjadi seorang wanita ....
3. Seseorang yang tidak mau mengakui kesalahan, mencari kambing hitam dan bersikap “lempar batu, sembunyi tangan disebut ....
4. Keteguhan hati, kekuatan pendirian untuk membela dan mempertahankan kebenaran secara berani dan terpuji disebut....
5. Allah berfirman pada QS. An-Nur: 33 Artinya “Dan orang-orang yang belum mampu untuk menikah hendaklah menjaga kesucian dirinya sampai Allah menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya.”. Merupakan dalil naqli tentang ....
7. Seseorang yang mencintai dunia dan melupakan dirinya sebagai hamba Allah SWT. disebut ….
8. Merasakan kelebihan pada dirinya tanpa melihat siapa yang memberikan kelebihan disebut ….
9. Suatu hari ia keluar kepada kaumnya dalam satu iring-iringan yang lengkap dengan para pengawalnya untuk memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya disebut ….
10. Orang yang cenderung bersikap over estimasi terhadap dirinya, merasa baik, hebat, mumpuni dan tidak memiliki kelemahan serta kekurangan disebut orang yang memiliki sifat ....
11. Pertengahan di antara dua sifat secara kualitas, kuantitas, atau proporsional disebut ....
12. Konsep ajaran islam yang mengenal Tuhan dengan pendekatan rasio disebut ....
13. Dalam QS. Al Qaf ayat 16 tentang Teori pertama yang mengatakan bahwa....
14. Dalam QS. Al Isra’ ayat 23 perintah berbakti kepada orang tua bersamaan dengan....
15. Sesuatu yang fana, betapapun banyak tidak akan menyamai sesuai yang baqa jelaskan....
C. Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar!
1. Jelaskan pengertian akhlak !
2. Tuliskan dalil dalam al-Qur’an yang berkaitan dengan akhlak !
3. Jelaskan hubungan tasawuf dengan akhlak dan syari’at !
4. Jelaskan pengertian maqamat dan al-ahwal?
5. Jelaskan ajaran-ajaran pokok tokoh tasawuf.?
6. Sebutkan adab bergaul dengan kedua orangtua dan guru?
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
A. Pilihan Ganda (Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban yang paling benar)
1. Akhlak berasal dari bahasa arab, akhlaqa, yukhliqu, ikhlaqan yang berarti
a. Al-sajiyah (perangai)
b. As-sajaah (berani)
c. Al-Huluq (akhlak)
d. Al-Ihsan (baik)
e. Iffah (menahan)
2. Segala nilai dan sifat yang tertanam dalam jiwa sehingga seseorang dapat menilai perbuatan baik atau buruk, kemudian memilih melakukan atau meninggalkan perbuatan tersebut ....
a. Hikmah
b. Akhlak
c. Syaja’ah
d. Iffah
e. Qanaah
3. Mencari kesempurnaan diri manusia dengan menggambarkan segala urusan dan membenarkan segala hakikat baik yang bersifat teori maupun praktik menurut kadar kemampuan manusia disebut ....
a. Hikmah
b. Akhlak
c. Saja’ah
d. Iffah
e. Qana’ah
4. Menahan diri sepenuhnya dari sesuatu yang Allah Swt haramkan merupakan pengertian ....
a. Iffah
b. Qana’ah
c. Saja’ah harbiyah
d. Saja’ah linafsi
e. Marah
5. Qulil haq walau kaana muuran (katakan yang benar meskipun itu pahit) dan berkata benar di hadapan penguasa yang zhalim adalah juga salah satu bentuk....
a. Jihad bil lisan.
b. Jihad bil arkan
c. Jihad bi nafsi
d. Jihad bil qaul
e. Jihad bin nafsu
6. Syaja’ah atau pemberani atau kesatria tentu berbeda dengan bersikap....
a. Pengecut
b. Ngawur
c. Pemarah
d. Pendendam
e. Penghancur
7. Orang yang berani dan kesateria adalah...
a. Orang yang bekerja dengan baik, cermat dan penuh perhitungan
b. Orang yang pinter, kober, benar
c. Orang yang tidak bertanggungjawab
d. Orang yang malas-malasan
e. Orang yang selalu bekerja keras tanpa perhitungan
8. Akhlak berasal ari bahasa arab jama’ dari “Khuluqun” yang artinya …
a. Perangai
b. Baik
c. Buruk
d. Asosial
e. Etika
9. Segala sifat yang tertanam dalam hati yang menimbulkan kegiatankegiatan dengan ringan dan mudah tanpa memerlukan pemikiran tanpa pertimbangan. Pengertian akhlak menurut …
a. Ibnu Maskawih
b. Al-ghazali
c. Imam Syafi’i
d. Al-amin
e. Imam Samudra
10. Dalam kitabnya Tahdzibul Akhlaq wa Tathhirul A’raq, akhlak adalah....
a. Sikap jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
b. Sikap seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatanperbuatan melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
c. Sikap jiwa seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan-perbuatan melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
d. Sikap seseorang yang mendorongnya untuk melakukan perbuatanperbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
e. Sikap individu yang mendorongnya untuk melakukan perbuatan perbuatan tanpa melalui pertimbangan (terlebih dahulu).
11. Dalil naqli tentang akhlak termaktub pada al-Qur’an Surat …
a. Al-Qalam : 4
b. Al-Baqarah : 4
c. An-Nisa’ : 44
d. Al-Hujurat : 4
e. Al-Ma'un: 2
12. Loyalitas kepada Allah Swt dan Rasul-Nya dan Islam adalah sebagian dari....metode kualitas akhlak
a. Macam-macam
b. Pembagian
c. Hikmah
d. Menghindari
e. Akhlakul karimah
13. Sikap toleran [tasamuh] dan memaafkan, toleransi itu sinonim dengan …
a. Lien (lemah lembut) dan tasahul (murah hati).
b. Saja’ah
c. Qana’ah
d. Iffah
e. Akhlak
14. Kesungguhan (Jiddiyah) mempunyai dua pengertian; 1) Ijtihad dan …
a. Tark al-hazl (meninggalkan sendau-gurau)
b. Jiddiyah
c. Tahārah
d. Saja’ah
e. fuquhah
15. Kerinduan universal dalam hati nurani manusia untuk menunggal Allah SWT. dalam mistisisme Islam disebut ....
a. Zuhud
b. Tasawuf
c. Qona’ah
d. Iffah
e. Musawwah
16. Pencetus teori Baqa’ adalah ....
a. Abu Yazid al-Busṭami
b. Abu Musa Al-Asy’ari
c. Ibnu Maskawih
d. Abu Yuzad al-Bustami
e. Abu Bakar As-Siddiq
17. Mengkosongkan diri dari perangai yang tercela disebut ....
a. Takhalli
b. Takhilli
c. Tahalli
d. Tajalli
e. Tawakal
18. Ibrahim Basyuni mengategorikan tasawuf menjadi 3 hal adalah ....
a. Al-Bidayah, al-Mujahadah, al-Mazaqat
b. Al-Bidiyah, al-Mujihidah, al-Madzaqat
c. Al-Madzaqat, al-Munziyah, al-Bid’ah
d. Al-Bidayah, al-Karomah, al-Mujahadah
e. Al-Mujahadah, al-Mukaromah, al-Mu’ziyat
19. Dikatakan bahwa tasawuf berasal dari kata Yunani adalah Theosophos yang artinya ....
a. Hikmah/kearifan
b. Kesabaran
c. Keutuhan
d. Keharmonisan
e. Kemanusiaan
20. Harun Nasution berpendapat bahwa istilah-istilah tasawuf shuf yang artinya ....
a. Barisan
b. Suci
c. Kebijaksanaan
d. Bulu domba
e. Orang yang ikut pindah
21. Istilah tasawuf adalah ahl-al-suffah menurut pendapat ...
a. Ibnu Maskawih
b. Harun Nasution
c. Harjo Nasution
d. Ahmad Tafsir,MA
e. Prof.Dr.H. Hidayat, MA
22. Maqamat menurut istilah adalah upaya sadar untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. melalui tahapan-tahapan untuk mencapai ....
a. Ma’rifatulloh
b. Sunnahtullah
c. Zuhud
d. Sufi
e. Hidayatulloh
23. Contoh orang yang memiliki maqamat dan al-aḥwal dalam tasawuf adalah
a. Tobat, Sabar
b. Orang yang berbuat keji dan munkar
c. Pemarah, sukdon
d. Orang yang melakukan kejahatan
e. Orang yang tidak menyesali perbuatan yang telah dikerjakan
24. Menurut Abu Nasr As-Sarraj maqamat dalam tasawuf merupakan jalan panjang secara berjenjang yang harus ditempuh oleh seorang sufi untuk berada dekat dengan Allah SWT. diantaranya ....
a. Tobat, Wara, Fakir,. Sabar
b. Tobat, miskin, kafir
c. Tobat, miskin, pemarah
d. Tobat, wara’, zina
e. Tobat, zuhud, kafir
25. Ditinjau dari segi obyeknya, maka tasawuf dapat dikatagorikan menjadi tiga yaitu
a. Tasawuf imani, amali dan falsafi
b. Tasawuf akhlaki, amali dan Ibadi
c. Tasawuf imani, taqarrabbi dan Insani
d. Tasawuf ahlaki, amali dan falsafi
e. Tasawuf ahlaki, amali dan insani
26. Inti tasawuf sebagai upaya melatih jiwa dengan berbagai kegiatan yang dapat membebaskan diri dari pengaruh kehidupan dunia sehingga tercermin:
a. akhlak manusia dengan sesama dan dengan Allah SWT.
b. akhlak manusia yang dapat mendatangkan rahmat Allah SWT.,
c. akhlak yang manusia yang telah diajarkan Allah SWT.,
d. akhlak yang mulia dan dekat dengan Allah SWT.,
e. akhlak yang dapat menjamin ampunan dari Allah SWT.,
27. Apabila ditelusuri dari sejarah kehidupan Rasulullah, tasawuf telah ada sejak zaman Rasulullah, yang tergambar dalam kehidupannya yaitu:
a. Beliau hidup berkecukupan, setiap malam banyak mengunjungi rumah sahabat-nya untuk bersilaturrohim,
b. Beliau hidup apa adanya, setiap saat banyak merenung dan memikirkan ummat yang dibina
c. Beliau hidup sederhana, setiap malam senantiasa beribadah kepada Allah SWT.
d. Beliau hidup serba ada, setiap malam banyak bertafakkur akan nikmat Allah SWT.
e. Beliau hidup dalam kesulitan, sehingga setiap malam tidak sempat tidur dan bangun untuk beribadah
28. Suasana kehidupan modern yang dibanjiri oleh berbagai paham sekuler seperti materialisme dan hedonisme, sering menyeret manusia kepada :
a. kehidupan yang penuh persahabatan dan kerja sama yang mandiri
b. kehidupan yang penuh harapan dan keinginan yang memuaskan
c. kehidupan yang penuh persaingan, rakus, boros, saling merugikan
d. kehidupan yang penuh kemenganan dan kebahagia-an yang memuaskan
e. kehidupan yang gamang dan tidak jelas apa yang harus dilakukan
29. Seorang sufi yang memiliki nama lengkap Abu Said al-Hasan ibnu abil Hasan adalah....
a. Al-Gazali
b. Rabiah al-Adawiyah
c. Zun Nun al-Misri
d. Abu Yazidul Bustami
e. Hasan al-Basri
30. Zuhud artinya....
a. Ingin
b. Tidak ingin
c. Dahulu
d. Berharap
e. akan
31. Berikut ini yang termasuk dasar-dasar ajaran Hasan al-Basri adalah ....
a. Tawakal, taat, takwa
b. Ta’at, ibadah, istikamah
c. Zuhud, kauf, dan raja
d. Hulul, khauf dan raja’
e. Mahabah, khauf dan raja
32. Julukan dari Rabi’ah al-‘Adawiyah adalah....
a. Abu al-Khair
b. Ummu al-Khair
c. Akhu al-Khair
d. Ukhtu al-Jamil
e. Ummul Jamil
33. Zun Nun adalah peletak dasar-dasar perjalanan sufi menuju Allah Swt yang disebut....
a. Hulul
b. Maḥabah
c. Maqamat
d. Zuhud
e. Suluk
34. Ajaran sentral Ibnu Arabi adalah....
a. Hulul
b. Suluk
c. Wihdah al-wujud
d. Syatahat
e. Makrif
35. Berikut ini pembagian cinta menurut Ibnu al-Qayyim al-Jauziah kecuali
a. Mencintai
b. Mencintai segala yang dicintai Allah Swt
c. Mencintai ciptaan Allah Swt
d. Cinta bersama Allah Swt
d. Cinta kepada Allah dan kepada Allah Swt
36. Secara bahasa shilah ar-rahim (silaturahmi) artinya ....
a. Hubungan kekerabatan.
b. Hubungan persaudaraan
c. Hubungan pertemenan
d. Hubungan sebanya
e. Hubungan antar keluarga
37. Silaturahmi sebagai ungkapan tentang berbuat baik kepada kerabat, orang yang memiliki hubungan nasab dan perkawinan pengertian silaturahmi menurut pendapat ....
a. Imam an-Nawawi
b. Abu Tayyib
c. Imam Syafi’i
d. Imam Hambali
e. Maskawih
38. Silaturahmi sebagai berbuat baik kepada kerabat sesuai dengan kondisi orang yang menyambung pengertian silaturahmi menurut pendapat ....
a. Imam an-Nawawi
b. Abu Tayyib
c. Imam Syafi’i
d. Imam Hambali
e. Maskawih
39. Dalil tentang silaturahmi termaktub pada ....
a. Q.S. an-Nisaa’ : 2
b. Hadis qudsi
c. Q.S. an-Nisaa’ : 1
d. Q.S. Baqarah : 1
e. Q.S. Ali Imran : 10
40. Syekh Abdul Azis bin Fathi as-Sayyid Nada dalam kitab Mausuu’atul Aadaab al-Islamiyah merinci adab-adab tentang ....
a. Adab Silaturahmi
b. Adab bergaul
c. Adab berpakaian
d. Adab berhias
e. Adab makan dan minum
41. Syekh Sayyid Nada, hendaknya seseorang saling mengunjungi satu sama lain, terutama pada ....
a. Hari Id dan pada saat-saat tertentu
b. Hari besar nasional
c. Hari pernikahan
d. Hari kelahiran
e. Hari kartini
42. Allah memberikan pahala yang besar kepada orang muda yang berlaku hormat kepada orang yang ....
a. Lebih tua usianya
b. Lebih muda
c. Sebaya
d. Lawan jenis
e. Sejenis
43. Ikhtilaṭ itu adalah campur baurnya seorang wanita dengan laki-laki di satu tempat tanpa ....
a. Ada kainnya
b. Ada hijab
c. Ada kaos tangannya
d. Ada penghalungnya
e. Ada batasnya
44. Orang Islam harus yakin bahwa kehormatan kita harus dijaga dan ....
a. Dipelihara
b. Di simpan
c. Di hormati
d. Di sayangi
e. Di cintai
B. Isilah pertanyaan berikut dengan singkat dan tepat !
1. Seseorang dapat menilai perbuatan baik atau buruk, kemudian memilih melakukan atau meninggalkan perbuatan tersebut disebut.....
2. Bila seorang muslim dituntut untuk memiliki ‘iffah maka seorang muslimah. Hendaknya ia memiliki ‘iffah sehingga ia menjadi seorang wanita ....
3. Seseorang yang tidak mau mengakui kesalahan, mencari kambing hitam dan bersikap “lempar batu, sembunyi tangan disebut ....
4. Keteguhan hati, kekuatan pendirian untuk membela dan mempertahankan kebenaran secara berani dan terpuji disebut....
5. Allah berfirman pada QS. An-Nur: 33 Artinya “Dan orang-orang yang belum mampu untuk menikah hendaklah menjaga kesucian dirinya sampai Allah menjadikan mereka mampu dengan karunia-Nya.”. Merupakan dalil naqli tentang ....
7. Seseorang yang mencintai dunia dan melupakan dirinya sebagai hamba Allah SWT. disebut ….
8. Merasakan kelebihan pada dirinya tanpa melihat siapa yang memberikan kelebihan disebut ….
9. Suatu hari ia keluar kepada kaumnya dalam satu iring-iringan yang lengkap dengan para pengawalnya untuk memperlihatkan kemegahannya kepada kaumnya disebut ….
10. Orang yang cenderung bersikap over estimasi terhadap dirinya, merasa baik, hebat, mumpuni dan tidak memiliki kelemahan serta kekurangan disebut orang yang memiliki sifat ....
11. Pertengahan di antara dua sifat secara kualitas, kuantitas, atau proporsional disebut ....
12. Konsep ajaran islam yang mengenal Tuhan dengan pendekatan rasio disebut ....
13. Dalam QS. Al Qaf ayat 16 tentang Teori pertama yang mengatakan bahwa....
14. Dalam QS. Al Isra’ ayat 23 perintah berbakti kepada orang tua bersamaan dengan....
15. Sesuatu yang fana, betapapun banyak tidak akan menyamai sesuai yang baqa jelaskan....
C. Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar!
1. Jelaskan pengertian akhlak !
2. Tuliskan dalil dalam al-Qur’an yang berkaitan dengan akhlak !
3. Jelaskan hubungan tasawuf dengan akhlak dan syari’at !
4. Jelaskan pengertian maqamat dan al-ahwal?
5. Jelaskan ajaran-ajaran pokok tokoh tasawuf.?
6. Sebutkan adab bergaul dengan kedua orangtua dan guru?
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.