Contoh Soal Ulangan Hadis Ilmu hadis Materi Pembagian Hadis Berdasarkan Tempat Penyandarannya Kelas 11 Aliyah
A. Pilihan Ganda (Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban yang paling benar)
1. Dibawah ini adalah pembagian hadis dari segi sumbernya pertama, kecuali.....
a. hadis Qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
2. hadis yang disandarkan oleh Rasul Saw. dan disanadkan kepada Tuhannya selain al-Qur’an disebut.....
a. hadis qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
3. Dibawah ini adalah tanda-tanda hadis qudsi, kecuali.....
a. berisi tentang kekuasaan Allah,
b. Nabi Sebagai periwayat
c.
d.
e.
4. Perhatikan hadis berikut:
hadis di atas adalah contoh hadis.....
a. hadis qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
5. Dibawah ini adalah ciri-ciri hadis qudsi dibandingkan al-Qur’an, kecuali.....
a. tidak harus mutawatir
b. bukan mukjizat
c. tidak dihukumi ibadah bagi yang membacanya
d. boleh diriwayatkan dengan maknanya.
e. sumbernya dari Allah.
6. Dibawah ini adalah ciri-ciri hadis qudsi dibandingkan dengan hadis Nabawi, kecuali.....
a. berhubungan dengan hak Allah
b. berisi tentang cara menyembah kepada Allah
c. berisi tentang keagungan Allah
d. berisi tentang rahmat Allah
e. berisi tentang luasnya kekuasaan Allah
7. Perkataan, perbuatan, taqrir (ketetapan), atau sifat yang disandarkan kepada Nabi Saw. dalam istilah hadis disebut....
a. hadis qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
8. hadis yang ketentuan matan hadisnya disandarkan kepada Nabi tetapi diriwayatkan dengan kata-kata yang memungkinkan bahwa sandarannya bukan Nabi, disebut....
a. hadis marfu’ qauli
b. hadis marfu’ sarih
c. hadis marfu’ fi’li
d. hadis marfu’ taqriri
e. hadis marfu’ hukmi
9. Perhatikan hadis berikut:
hadis ini adalah contoh hadis.....
a. hadis marfu’ qauli
b. hadis marfu’ sarīh
c. hadis marfu’ fi’li
d. hadis marfu’ taqrīri
e. hadis marfu’ hukmi
10. Hadis mauquf menurut bahasa artinya adalah......
a. yang diangkat
b. Yang disucikan
c. yang terputus
d. Yang terhenti
e. yang dinisbatkan kepada shahabat
11. Dalam hadis mauqūf dikenal istilah “ mauquf pada lafaz , tetapi Marfu pada hukum” artinya........
a. makna dari Shahabat riwayatnya dari Nabi
b. lafaẓ nya dari Nabi hukumnya dari Shahabat
c. lafaẓ nya dari Nabi riwayatnya dari Shahabat
d. lafaẓ nya dari Shahabat hukumnya dari Nabi
e. makna dan lafaz nya dari Nabi.
12. Hadis dari Abdullah (Bin Mas`Ud), ia berkata : “janganlah salah seorang dari kamu taqlid agamanya dari seseorang, karena jika seseorang itu beriman, maka ikut beriman, dan jika seseorang itu kufur, ia pun ikut kufur”. (H.R. Abu Na`im). ini adalah terjemahan dari contoh hadis.....
a. hadis mauquf qauly
b. hadis mauquf fi’ly
c. hadis marfu’ qauly
d. hadis mauquf taqrīri
e. hadis marfu’ fi’ly
13. Hadis yang berisi perkataan, perbuatan atau taqrir yang disandarkan kepada tabi`in atau orang yang berada pada tingakat dibawahnya, disebut.....
a. hadis Qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
14. Dari Abdillah Bin Ubaid Bin Umar ia berkata: umar menyuruh kepada seorang anak laki-laki memilih antara ayah dan ibunya. Maka anak itu memilih ibunya, lalu ia membawa ibunya”. Terjemahan hadis tersebut dikatakan hadis mauquf karena.....
a. Sumbernya adalah Umar bin Khathab (sahabat)
b. Sumbernya adalah tabi’in
c. Sumbernya adalah Umar bin Abdul ‘aziz (Tabi’in)
d. Sumbernya adalah orang yang melihat Umar.
e. Karena hadisnya berhenti sanadnya sampai di tabi’in.
15. Imam Muhammad Ibnu Jarir at-Thabari yang lahir tahun 224 H menafsirkan hadis dengan ijtihadnya sendiri. Dalam istilah hadis tarsiran Thabari tersebut dinamakan.....
a. hadis Qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
B. Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar!
1. Yang dimaksud dengan hadis marfu’ sarih adalah......
Jawaban : Hadis yang disandarkan kepada nabi secara jelas.
2. Apa berpedaan antara hadis qudsi dengan hadis nabawi? Jelaskan....
J : Nabawi
1. Sandarannya adalah Nabi
2. Berhubungan dengan tata cara ibadah, kemaslahatan ummat, mu’amalah, dan menyebutkan halal dan haram.
Qudsi
1. Sandarannya Allah
2. Berhubungan dengan haq Allah dengan menjelaskan keagungan-Nya, menampakkan rahmat-Nya, dan mengingatkan luasnya kekuasaan-Nya
3. Jelaskan hukum mengamalkan hadis maqṭu’ dan mauqūf dalam menentukan hukum taklifi!
J : Hanya dapat dijadikan penguat, namun tidak bisa digunakan untuk menentukan halal haram, biarpun sanadnya sahih
4. Jelaskan bagaimana mengamalkan hadis marfū’ dan hadis qudsi dalam menentukan hukum taklifi?
J : Boleh dijadikan hujah jika sanadnya sahih atau hasan.
5. Sebutkan macam-macam hadis marfu’!
J : Marfū’ qauli, fi’li, taqriri, dan wasfi
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1. C
2. A
3. E
4. A
5. D
6. B
7. B
8. C
9. D
10. D
11. C
12. D
13. A
14. E
15. E
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
A. Pilihan Ganda (Berilah tanda silang (X) pada huruf a, b, c, d atau e, di depan jawaban yang paling benar)
1. Dibawah ini adalah pembagian hadis dari segi sumbernya pertama, kecuali.....
a. hadis Qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
2. hadis yang disandarkan oleh Rasul Saw. dan disanadkan kepada Tuhannya selain al-Qur’an disebut.....
a. hadis qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
3. Dibawah ini adalah tanda-tanda hadis qudsi, kecuali.....
a. berisi tentang kekuasaan Allah,
b. Nabi Sebagai periwayat
c.
d.
e.
4. Perhatikan hadis berikut:
hadis di atas adalah contoh hadis.....
a. hadis qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
5. Dibawah ini adalah ciri-ciri hadis qudsi dibandingkan al-Qur’an, kecuali.....
a. tidak harus mutawatir
b. bukan mukjizat
c. tidak dihukumi ibadah bagi yang membacanya
d. boleh diriwayatkan dengan maknanya.
e. sumbernya dari Allah.
6. Dibawah ini adalah ciri-ciri hadis qudsi dibandingkan dengan hadis Nabawi, kecuali.....
a. berhubungan dengan hak Allah
b. berisi tentang cara menyembah kepada Allah
c. berisi tentang keagungan Allah
d. berisi tentang rahmat Allah
e. berisi tentang luasnya kekuasaan Allah
7. Perkataan, perbuatan, taqrir (ketetapan), atau sifat yang disandarkan kepada Nabi Saw. dalam istilah hadis disebut....
a. hadis qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
8. hadis yang ketentuan matan hadisnya disandarkan kepada Nabi tetapi diriwayatkan dengan kata-kata yang memungkinkan bahwa sandarannya bukan Nabi, disebut....
a. hadis marfu’ qauli
b. hadis marfu’ sarih
c. hadis marfu’ fi’li
d. hadis marfu’ taqriri
e. hadis marfu’ hukmi
9. Perhatikan hadis berikut:
hadis ini adalah contoh hadis.....
a. hadis marfu’ qauli
b. hadis marfu’ sarīh
c. hadis marfu’ fi’li
d. hadis marfu’ taqrīri
e. hadis marfu’ hukmi
10. Hadis mauquf menurut bahasa artinya adalah......
a. yang diangkat
b. Yang disucikan
c. yang terputus
d. Yang terhenti
e. yang dinisbatkan kepada shahabat
11. Dalam hadis mauqūf dikenal istilah “ mauquf pada lafaz , tetapi Marfu pada hukum” artinya........
a. makna dari Shahabat riwayatnya dari Nabi
b. lafaẓ nya dari Nabi hukumnya dari Shahabat
c. lafaẓ nya dari Nabi riwayatnya dari Shahabat
d. lafaẓ nya dari Shahabat hukumnya dari Nabi
e. makna dan lafaz nya dari Nabi.
12. Hadis dari Abdullah (Bin Mas`Ud), ia berkata : “janganlah salah seorang dari kamu taqlid agamanya dari seseorang, karena jika seseorang itu beriman, maka ikut beriman, dan jika seseorang itu kufur, ia pun ikut kufur”. (H.R. Abu Na`im). ini adalah terjemahan dari contoh hadis.....
a. hadis mauquf qauly
b. hadis mauquf fi’ly
c. hadis marfu’ qauly
d. hadis mauquf taqrīri
e. hadis marfu’ fi’ly
13. Hadis yang berisi perkataan, perbuatan atau taqrir yang disandarkan kepada tabi`in atau orang yang berada pada tingakat dibawahnya, disebut.....
a. hadis Qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
14. Dari Abdillah Bin Ubaid Bin Umar ia berkata: umar menyuruh kepada seorang anak laki-laki memilih antara ayah dan ibunya. Maka anak itu memilih ibunya, lalu ia membawa ibunya”. Terjemahan hadis tersebut dikatakan hadis mauquf karena.....
a. Sumbernya adalah Umar bin Khathab (sahabat)
b. Sumbernya adalah tabi’in
c. Sumbernya adalah Umar bin Abdul ‘aziz (Tabi’in)
d. Sumbernya adalah orang yang melihat Umar.
e. Karena hadisnya berhenti sanadnya sampai di tabi’in.
15. Imam Muhammad Ibnu Jarir at-Thabari yang lahir tahun 224 H menafsirkan hadis dengan ijtihadnya sendiri. Dalam istilah hadis tarsiran Thabari tersebut dinamakan.....
a. hadis Qudsi
b. hadis marfu’
c. hadis muttasil
d. hadis mauquf
e. hadis maqtu’
B. Jawablah Pertanyaan berikut dengan benar!
1. Yang dimaksud dengan hadis marfu’ sarih adalah......
Jawaban : Hadis yang disandarkan kepada nabi secara jelas.
2. Apa berpedaan antara hadis qudsi dengan hadis nabawi? Jelaskan....
J : Nabawi
1. Sandarannya adalah Nabi
2. Berhubungan dengan tata cara ibadah, kemaslahatan ummat, mu’amalah, dan menyebutkan halal dan haram.
Qudsi
1. Sandarannya Allah
2. Berhubungan dengan haq Allah dengan menjelaskan keagungan-Nya, menampakkan rahmat-Nya, dan mengingatkan luasnya kekuasaan-Nya
3. Jelaskan hukum mengamalkan hadis maqṭu’ dan mauqūf dalam menentukan hukum taklifi!
J : Hanya dapat dijadikan penguat, namun tidak bisa digunakan untuk menentukan halal haram, biarpun sanadnya sahih
4. Jelaskan bagaimana mengamalkan hadis marfū’ dan hadis qudsi dalam menentukan hukum taklifi?
J : Boleh dijadikan hujah jika sanadnya sahih atau hasan.
5. Sebutkan macam-macam hadis marfu’!
J : Marfū’ qauli, fi’li, taqriri, dan wasfi
Kunci Jawaban
Pilihan Ganda
1. C
2. A
3. E
4. A
5. D
6. B
7. B
8. C
9. D
10. D
11. C
12. D
13. A
14. E
15. E
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.