Contoh Soal Ulangan Jawaban Al Qur'an Hadis Kelas X Aliyah Materi Hadis, Sunnah, Khabar, dan Atsar (Objektif dan Essay)
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D, atau E di depan jawaban yang paling benar!
1. Secara etimologi, kata hadis mempunyai beberapa arti, di antaranya adalah....
A. Perintah
B. Aturan
C. Dekat
D. Acara
E. Lama
2. Segala sesuatu yang ditetapkan oleh Nabi Saw, yang tidak terkait dengan masalah-masalah fardu dan wajib adalah pengertian hadis menurut ....
A. Ahli Usul Fikih
B. Ahli Kalam
C. Ulama Tabiin
D. Ahli Fikih
E. Ahli Hadis
3. Sunnah secara etimologi memiliki beberapa arti. Yang bukan merupakan arti sunnah secara etimologi adalah....
A. Cara
B. Tradisi
C. Jalan yang ditempuh
D. Baru
E. Ketetapan
4. Menurut ahli hadis bahwa perbedaan hadis dengan sunnah adalah….
A. Sunnah lebih luas pengertiannya dari hadis.
B. Hadis dan sunnah sama saja.
C. Sunnah hanya khusus pada Nabi Muhammad Saw.
D. Hadis lebih kuat dari sunnah.
E. Hadis bisa disandarkan pada selain Nabi Muhammad Saw.
5. Kata atsar secara etimologi mempunyai arti ….
A. Do’a
B. Barang bekas
C. Sesuatu yang baru
D. Debu
E. Sisa dari sesuatu
6. Ahli hadis mendefinisikan khabar adalah ….
A. Suatu berita yang berasal dari ulama hadis
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat Nabi
C. Suatu berita yang hanya mengandung hukum
D. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabiin
E. Suatu berita yang diterima dari Nabi Muhammad Saw, sahabat dan tabiin
7. Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Saw, baik perkataan maupun perbuatan beliau, sedangkan hadis hanya khusus mengenai perbuatan beliau adalah menurut pendapat....
A. Ibnul Humam
B. Dr. Taufiq
C. Ahli Hadis
D. Ahli Fikih
E. Ahli Ushul
8. Secara garis besar persamaan antara sunnah dan hadis adalah ….
A. Keduanya merupakan perbuatan Nabi Saw.
B. Keduanya merupakan perkataan Nabi Saw.
C. Keduanya merupakan taqrir Nabi Saw.
D. Keduanya bersumber kepada Nabi Saw.
E. Keduanya terkadang bersumber dari selain Nabi Saw.
9. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan hadis, sunnah, khabar dan asar adalah ….
A. Sunnah lebih luas dari pada hadis
B. Hadis lebih luas daripada sunnah
C. Khabar selain dinisbahkan ke Nabi Saw, dapat juga dinisbahkan kepada Sahabat dan tabi'in
D. Khabar lebih umum daripada hadis
E. Atsar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat
10. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan perbedaan al-Qur’an dengan hadis nabi adalah....
A. Al-Qur’an diturunkan bahasa dan maknanya dari Allah Swt sedang hadis dari Nabi.
B. Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan maknanya saja, hadis boleh.
C. Al-Qur’an baik lafaz dan maknanya merupakan mu’jizat, hadis bukan mu’jizat
D. Al-Qur’an diturunkan melalui perantara Jibril, hadis melalui mimpi Nabi.
E. Membaca al-Qur’an bernialai ibadah dan berpahala, membaca hadis tidak.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud sunnah menurut istilah?
2. Uraikan persamaan hadis dan sunnah!
3. Jelasakan pengertian asar menurut etimologi dan terminologi?
4. Uraikan perbedaan hadis, sunnah, khabar dan atsar!
5. Jelasakan perbedaan antara al-Qur’an dan hadis!
Kunci Jawaban
Pilihan ganda
1. C
2. D
3. D
4. A
5. E
6. E
7. A
8. D
9. B
10. D
Uraian
1. Sunnah secara terminologi adalah Segala yang bersumber dari Nabi Muhammad Saw, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, tabiat, budi pekerti, maupun perjalanan hidupnya, baik sebelum beliau diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya.
2. Persamaan hadis dan sunnah adalah sama-sama disandarkan kepada Nabi
Saw, baik berupa perkataan, perbuatan maupun taqrir (ketetapan) beliau.
3. Menurut bahasa, atsar artinya bekasan sesuatu atau sisa sesuatu. asar berarti pula nukilan (yang dinukilkan). Karena itu doa yang dinukilkan/ berasal dari Nabi Saw, dinamakan doa ma’fur. Adapun pengertian Atsar menurut istilah, kebanyakan ulama berpendapat bahwa atsar mempunyai pengertian yang sama dengan khabar dan hadis.
4. Menurut sebagian ulama, sunnah lebih luas dari hadis. Khabar selain dinisbahkan kepada Nabi Muhammad Saw, dapat juga dinisbahkan kepada sahabat dan tabiin. Khabar lebih umum dari hadis, karena masuk didalamnya semua riwayat yang bukan dari Nabi Muhammad Saw, Atsar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat Nabi Muhammad Saw, meskipun kadang-kadang dinisbahkan kepada beliau.
5. Perbedaan dari segi bahasa dan makna.
- Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa dan maknanya langsung dari Allah Swt.
- Hadis adalah bahasadan maknanya dari Nabi Saw.
Perbedaan dari segi periwayatan
- Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan dengan maknanya saja sebab dapat mengurangi kemukjizatannya
- Hadis boleh diriwayatkan dengan maknanya saja. Yang terpenting dalam hadis adalah penyampaian maksudnya.
Perbedaan dari segi kemukjizatan.
- Al-Qur’an baik lafal maupun maknanya merupakan mukjizat.
- Hadis bukan merupakan mukjizat.
Perbedaan dari segi nilai membacanya.
- Al-Qur’an diperintah untuk dibaca, baik pada waktu shalat (wajib membaca Surah al-Fatihah) maupun di luar shalat sebagai ibadah, baik orang yang membacanya itu mengerti maksudnya maupun tidak
- hadis dilarang dibaca ketika shalat dan membacanya tidak dinilai ibadah. Yang terpenting dalam hadis adalah untuk dipahami, dihayati dan diamalkan.
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
A. Berilah tanda silang (x) pada huruf A, B, C, D, atau E di depan jawaban yang paling benar!
1. Secara etimologi, kata hadis mempunyai beberapa arti, di antaranya adalah....
A. Perintah
B. Aturan
C. Dekat
D. Acara
E. Lama
2. Segala sesuatu yang ditetapkan oleh Nabi Saw, yang tidak terkait dengan masalah-masalah fardu dan wajib adalah pengertian hadis menurut ....
A. Ahli Usul Fikih
B. Ahli Kalam
C. Ulama Tabiin
D. Ahli Fikih
E. Ahli Hadis
3. Sunnah secara etimologi memiliki beberapa arti. Yang bukan merupakan arti sunnah secara etimologi adalah....
A. Cara
B. Tradisi
C. Jalan yang ditempuh
D. Baru
E. Ketetapan
4. Menurut ahli hadis bahwa perbedaan hadis dengan sunnah adalah….
A. Sunnah lebih luas pengertiannya dari hadis.
B. Hadis dan sunnah sama saja.
C. Sunnah hanya khusus pada Nabi Muhammad Saw.
D. Hadis lebih kuat dari sunnah.
E. Hadis bisa disandarkan pada selain Nabi Muhammad Saw.
5. Kata atsar secara etimologi mempunyai arti ….
A. Do’a
B. Barang bekas
C. Sesuatu yang baru
D. Debu
E. Sisa dari sesuatu
6. Ahli hadis mendefinisikan khabar adalah ….
A. Suatu berita yang berasal dari ulama hadis
B. Suatu berita yang khusus dari sahabat Nabi
C. Suatu berita yang hanya mengandung hukum
D. Suatu berita yang diterima dari sahabat dan tabiin
E. Suatu berita yang diterima dari Nabi Muhammad Saw, sahabat dan tabiin
7. Sunnah adalah segala sesuatu yang diriwayatkan dari Nabi Saw, baik perkataan maupun perbuatan beliau, sedangkan hadis hanya khusus mengenai perbuatan beliau adalah menurut pendapat....
A. Ibnul Humam
B. Dr. Taufiq
C. Ahli Hadis
D. Ahli Fikih
E. Ahli Ushul
8. Secara garis besar persamaan antara sunnah dan hadis adalah ….
A. Keduanya merupakan perbuatan Nabi Saw.
B. Keduanya merupakan perkataan Nabi Saw.
C. Keduanya merupakan taqrir Nabi Saw.
D. Keduanya bersumber kepada Nabi Saw.
E. Keduanya terkadang bersumber dari selain Nabi Saw.
9. Berikut ini pernyataan yang tidak benar terkait dengan hadis, sunnah, khabar dan asar adalah ….
A. Sunnah lebih luas dari pada hadis
B. Hadis lebih luas daripada sunnah
C. Khabar selain dinisbahkan ke Nabi Saw, dapat juga dinisbahkan kepada Sahabat dan tabi'in
D. Khabar lebih umum daripada hadis
E. Atsar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat
10. Pernyataan berikut ini yang bukan merupakan perbedaan al-Qur’an dengan hadis nabi adalah....
A. Al-Qur’an diturunkan bahasa dan maknanya dari Allah Swt sedang hadis dari Nabi.
B. Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan maknanya saja, hadis boleh.
C. Al-Qur’an baik lafaz dan maknanya merupakan mu’jizat, hadis bukan mu’jizat
D. Al-Qur’an diturunkan melalui perantara Jibril, hadis melalui mimpi Nabi.
E. Membaca al-Qur’an bernialai ibadah dan berpahala, membaca hadis tidak.
B. Jawablah pertanyaan-pertanyaan dibawah ini dengan benar !
1. Apa yang dimaksud sunnah menurut istilah?
2. Uraikan persamaan hadis dan sunnah!
3. Jelasakan pengertian asar menurut etimologi dan terminologi?
4. Uraikan perbedaan hadis, sunnah, khabar dan atsar!
5. Jelasakan perbedaan antara al-Qur’an dan hadis!
Kunci Jawaban
Pilihan ganda
1. C
2. D
3. D
4. A
5. E
6. E
7. A
8. D
9. B
10. D
Uraian
1. Sunnah secara terminologi adalah Segala yang bersumber dari Nabi Muhammad Saw, baik berupa perkataan, perbuatan, taqrir, tabiat, budi pekerti, maupun perjalanan hidupnya, baik sebelum beliau diangkat menjadi rasul maupun sesudahnya.
2. Persamaan hadis dan sunnah adalah sama-sama disandarkan kepada Nabi
Saw, baik berupa perkataan, perbuatan maupun taqrir (ketetapan) beliau.
3. Menurut bahasa, atsar artinya bekasan sesuatu atau sisa sesuatu. asar berarti pula nukilan (yang dinukilkan). Karena itu doa yang dinukilkan/ berasal dari Nabi Saw, dinamakan doa ma’fur. Adapun pengertian Atsar menurut istilah, kebanyakan ulama berpendapat bahwa atsar mempunyai pengertian yang sama dengan khabar dan hadis.
4. Menurut sebagian ulama, sunnah lebih luas dari hadis. Khabar selain dinisbahkan kepada Nabi Muhammad Saw, dapat juga dinisbahkan kepada sahabat dan tabiin. Khabar lebih umum dari hadis, karena masuk didalamnya semua riwayat yang bukan dari Nabi Muhammad Saw, Atsar lebih sering digunakan untuk sebutan bagi perkataan sahabat Nabi Muhammad Saw, meskipun kadang-kadang dinisbahkan kepada beliau.
5. Perbedaan dari segi bahasa dan makna.
- Al-Qur’an diturunkan dengan bahasa dan maknanya langsung dari Allah Swt.
- Hadis adalah bahasadan maknanya dari Nabi Saw.
Perbedaan dari segi periwayatan
- Al-Qur’an tidak boleh diriwayatkan dengan maknanya saja sebab dapat mengurangi kemukjizatannya
- Hadis boleh diriwayatkan dengan maknanya saja. Yang terpenting dalam hadis adalah penyampaian maksudnya.
Perbedaan dari segi kemukjizatan.
- Al-Qur’an baik lafal maupun maknanya merupakan mukjizat.
- Hadis bukan merupakan mukjizat.
Perbedaan dari segi nilai membacanya.
- Al-Qur’an diperintah untuk dibaca, baik pada waktu shalat (wajib membaca Surah al-Fatihah) maupun di luar shalat sebagai ibadah, baik orang yang membacanya itu mengerti maksudnya maupun tidak
- hadis dilarang dibaca ketika shalat dan membacanya tidak dinilai ibadah. Yang terpenting dalam hadis adalah untuk dipahami, dihayati dan diamalkan.
Terima Kasih Atas Kunjungannya. Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.