Sabtu, 17 Februari 2018

Soal dan Jawaban Ujian Akhir Semester Genap Tafsir Ilmu Tafsir Kelas XII MA (Copy)

Contoh Soal dan Jawaban Ujian Akhir Semester Genap Tafsir Ilmu Tafsir Kelas XII MA
Pilihlah dan lingkari jawaban yang paling benar!

1. وَتَنْزِعُ الْمُلْكَ مِمَّنْ تَشَاءُ   Arti yang sesuai dengan ayat diatas adalah....
a. Engkau cabut kerajaan dari orang yang engkau kehendaki.
b. Engkau berikan kerajaan dari orang yang engkau kehendaki.
c. Engkau muliakan orang yang engkau kehendaki.
d. Engkau kehendaki orang yang berkuasa.
e. Engkau Maha kuasa atas segalanya.

2. Ayat yang menjelaskan tentang kepemimpinan adalah....
a. QS. Al-Imran: 26.
b. QS. At-Taubah : 85.
c. QS. An-Nisa’ : 26.
d. QS. Al-Baqarah: 173.
e. QS. An-Nahl : 69.

3. Makna paling dekat dengan lafaz  تُؤَدُّوا....
a. Menerima.
b. Menyuruh.
c. Menyampaikan.
d. Menetapkan.
e. Menunaikan.

4. Kandungan surat An-Nisa’ ayat 58 adalah keharusan seorang pemimpin memiliki ....
a. Kesehatan jasmani dan adil.
b. Kekayaan dan amanah.
c. Sifat amanah dan adil.
d. Keberanian dan adil.
e. Kekuatan dan amanah.

5. Terjemahan yang tepat dari QS. Ali ‘Imran: 190 di bawah ini adalah.....

إِنَّ فِي خَلْقِ السَّمَاوَاتِ وَالْأَرْضِ وَاخْتِلَافِ اللَّيْلِ وَالنَّهَارِ لَآيَاتٍ لِأُولِي الْأَلْبَابِ

a. Sesungguhnya dalam penciptaan langit dan bumi,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
b. Sesungguhnya dalam penciptaan surga dan neraka , dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
c. Sesungguhnya dalam penciptaan bumi dan bulan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
d. Sesungguhnya dalam penciptaan manusia dan hewan,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal 
e. Sesungguhnya dalam penciptaan planet-planet,dan silih bergantinya malam dan siang terdapat tanda- tanda bagi orang–orang yang berakal

6. Tujuan penciptaan langit dan bumi serta pergantian siang dan malam menurut QS. Ali ‘Imran: 190. Adalah....

a. Membuktikan bahwa Allah Swt itu Maha Adil dan perkasa
b. Membuktikan tentang tauhid,keesaan dan kekuasaan Allah SWT 
c. Membuktikan tentang kekutan Allah dan manusia
d. Mencontohkan orang orang yang soleh
e. Memberikan inspirasi untuk masuk agama islam ٰ

7. لِأُولِي الْأَلْبَابِ yang dimaksudkan dengan kata “ulul albab” dalam surah. Ali ‘Imran: 190 adalah......
a. Orang-orang yang suka bersabar
b. Orang-orang yang berakal 
c. Orang-orang yang taat beribadah
d. Orang-orang yang yang beriman dan bertaqwa
e. Orang-orang yang suka bersedekah

8. Dalam QS. al-Isra’: 36 terdapat kata Al-Fu’ad berasal dari kata f a d, yang bermakna .
a. Lihat,atau menaruh dalam gerak
b. Gerak,atau menaruh dalam melihat
c. Melihat,atau menaruh kegelapan
d. Gerak,atau menaruh dalam gerak 
e. Merasa sepi di saat suasana ramai

9. Bacalah dengan seksama ayat al-Qur’an berikut ini

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ ۖ لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا ۚ أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

Ayat tersebut di atas merupakan bagian dari ayat-ayat al-Qur’an surah.....
a. QS. Ali ‘Imran: 193
b. QS. al-A’raf: 179 
c. QS. Ali ‘Imrân: 191
d. QS. ar-Rahman: 1-4
e. QS. al-Isra’: 36

10. فَبِمَا رَحْمَةٍ مِنَ اللَّهِ لِنْتَ لَهُمْ Potongan ayat yang menunjuk sifat mulia Rasulullah Saw, yaitu…
a. Lemah lembut 
b. Memaafkan
c. Ramah
d. Penuh kasih
e. Memberi

12. وَلَوْ كُنْتَ فَظًّا غَلِيظَ الْقَلْبِ Kalimat yang bergaris bawah menunjukkan…
a. Bersikap keras lagi kasar 
b. Bersikap keras dan berani
c. Bersikap tegas kepada kawan
d. Bersikap tegas dan keras
e. Bersikap tegas kepada lawan

13. Kandungan dalam surat Ali ‘Imran ayat 159 menunjukkan bahwa …
Pemimpin hendaknya bersifat lemah lembut 
Pemimpin boleh bersifat kasar
Pemimpin tidak perlu lemah lembut
Pemimpin boleh memarahi
Semua jawaban benar

14. فَاعْفُ عَنْهُمْ adalah memberi maaf dalam arti…
a. Memaafkan segala kesalahan 
b. Menghapus semua kesalahan
c. Menganggap tidak pernah bersalah
d. Tidak mengingat lagi kesalahanya
e. Semua jawaban benar

15. Pengertian “Azm” adalah…
a. Bercita-cita
b. Membulatkan tekad 
c. Mewujudkan tujuan
d. Berkeinginan kuat
e. Bersungguh Sungguh

16.(فَاسْعَوْا ) terambil dari kata سىع yang berarti....
a. Berjalan cepat 
b. Berjalan lambat
c. Berjalan pada malam hari
d. Berjalan pada siang hari
e. Berlari

17. (ذِكْرِ اللَّهِ ) arti potongan ayat di samping ....
a. Menyembah Allah
b. Menyekutukan Allah
c. Memuji Allah
d. Mangingat Allah 
e. Melupakan Allah

18. Al-Qur’an melarang orang mukmin mukallaf melakukan transaksi jual beli pada saat muadzin telah mengumandangkan adzan untuk shalat jumat terdapat pada ayat….
a. QS. Al-Jumu’ah ayat 9 
b. QS. Al-Jumu’ah ayat 10
c. QS. Ali Imrân: 59
d. QS. Al-Qashash 77
e. QS. Al-Muzammil: 2

19. لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ potongan ayat ini menginformasikan bahwa orang beriman setelah melaksanakan shalat jumat, kemudian memiliki etos kerja yang tinggi akan memperoleh….
a. Keberuntungan 
b. Keberkahan
c. Rizki melimpah
d. Pahala yang besar
e. Kemuliaan hidup

20. Perintah bertebaran di bumi untuk mencari karunia Allah Swt setelah selesai menunaikan shalat Jum’at adalah ....
a. Wajib
b. Sunnah
c. Mubah
d. Haram
e. Makruh

21. Setelah bermusyawarah dan menyepakati keputusan bersama, maka Allah Swt memerintahkan untuk….
a. Menjaga kesepakatan
b. Mentaati hasil musyawarah
c. Melakukan sujud syukur
d. Bertawakal kepada Allah 
e. Memohon ampun kepada Allah

22. Pemberiaan maaf pada tingkatan tertinggi adalah…
a. Melupakan kesalahan
b. Menganggap tidak pernah bersalah
c. Memaafkan dan berbuat baik kepada yang bersalah 
d. Menghilangkan kesalahan
e. Semua jawaban benar

23. Kata إقسط Pengertianya adalah mengarah pada sikap ..
a. Tidak memihak 
b. Satu arah
c. Jawaban a dan b benar
d. Biasa saja
e. Serasi

24. QS. Al-Hujurat ayat 13 adalah menjelaskan tentang….
a. Kemajemukan 
b. Perselisihan
c. Perdamaian
d. Kesatuan
e. Persahabatan

25. Kata “ta’arafu ” dalam QS. Al-Hujurat ayat 13 bermakna…
a. Saling mempekenalkan
b. Saling menghormati
c. Saling berwasiat
d. Saling mengenal 
e. Saling menyapa

26. Bacalah dengan seksama ayat al-Qur’an berikut ini.

وَلَقَدْ ذَرَأْنَا لِجَهَنَّمَ كَثِيرًا مِنَ الْجِنِّ وَالْإِنْسِ

Terjemahan yang tepat untuk potongan ayat diatas adalah...........
a. Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari Jin dan Malaikat
b. Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari Manusia dan Malaikat
c. Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi Surga) kebanyakan dari Malaikat dan Manusia
d. Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi Rumah) kebanyakan Manusia yang sholeh
e. Dan sesungguhnya kami jadikan untuk (isi neraka Jahanam) kebanyakan dari Jin dan Manusia

27. Perhatikan potongan ayat berikut ini

إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ كُلُّ أُولَٰئِكَ كَانَ عَنْهُ مَسْئُولًا

Arti yang tepat untuk kalimat yang bergaris bawah pada potongan ayat diatas adalah.....
a. Hati dan pikiran
b. Pendengaran
c. Akal pikiran
d. Pengelihatan
e. Pertanggung jawaban

28. Perumpamaan orang yang tidak memanfaatkan potensi yang diberikan Allah, menurut potongan ayat berikut ini ialah....

أُولَٰئِكَ كَالْأَنْعَامِ بَلْ هُمْ أَضَلُّ ۚ أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

a. Seperti orang-orang yang kehilangan akal
b. Seperti seekor keledai yang dungu
c. Seperti binatang ternak 
d. Seperti orang-orang yang mabuk
e. Seperti orang-orang yang kehilangan ingatan

29. “Mereka mempunyai telinga (tetapi) tidak dipergunakannya untuk mendengar (ayat ayat Allah)” Potongan ayat yang tepat untuk terjemahan ini adalah....
a. إِنَّ السَّمْعَ وَالْبَصَرَ وَالْفُؤَادَ
b. وَلَهُمْ آذَانٌ لَا يَسْمَعُونَ بِهَا
c. لَهُمْ قُلُوبٌ لَا يَفْقَهُونَ بِهَا
d. وَلَهُمْ أَعْيُنٌ لَا يُبْصِرُونَ بِهَا
e. أُولَٰئِكَ هُمُ الْغَافِلُونَ

30. Arti yang tepat untuk kalimat (عَلَّمَ) adalah....
a. Mengajarkan 
b. Mendengar
c. Memikirkan
d. Mendidik
e. Mempelajari

31. Manakah yang termasuk kesimpulan dari dari surat Al-Imran : 26 ....
a. Larangan keras Allah untuk memilih orang kafir sebagai pemimpin.
b. Amanah merupakan landasan etika dan moral dalam bermuamalah.
c. Pengetahuan dan kekuasaan Allah adalah mutlak.
d. Islam mengajarkan agar keadilan dapat diwujudkan dalam setiap waktu dan kesempatan.
e. Amanah merupakan hak bagi mukallaf.

32. Arti lafadz yang paling tepat dari أَوْلِيَاءَ adalah....
a. Pelindung atau Penolong.
b. Pemberi.
c. Pemaaf.
d. Pemotifasi.
e. Penyelamat.

33. “Berlaku adillah, karena adil itu…” Lanjutan terjemah QS Al-Ma’idah: 8 adalah ....
a. Lebih dekat kepada takwa.
b. Lebih dekat dengan iman.
c. Lebih menentramkan jiwa.
d. Menegakkan kebenaran.
e. Membawa keberkahan.

35. Pemimpin memiliki kedudukan sangat penting karena sebagai penentu kebijakan yang terkait dengan hajat hidup orang banyak. Pernyataan di atas termasuk kesimpulan dari....
a. QS.Al-Maidah :56-57
b. QS-An-Nisa’ : 144.
c. QS.Al-Baqarah : 144.
d. QS.Al-Imran : 26.
e. QS.An-Nisa’ : 58.

36. Nama saudagar yang membawa barang dagangan dari Syam yang terdapat dalam asbabun nuzul Q.S. Al Jumu’ah : 11 adalah ....
a. Dihyat ibn Khalifah Al-Kalbi 
b. As Sa’labah
c. Ubay bin Ka’ab
d. Zubair Ibn Awwam
e. Al Mughirah Bin Su’bah

37. Islam mengajarkan umatnya untuk ....
a. Mementingkan urusan akherat dan meninggalkan urusan duniawi
b. Melakukan aktivitas duniawi dan melakukan aktifitas ukhrawi seperlunya.
c. Melakukan aktivitas untuk ukhrawi dan tidak meninggalkan aktivitas duniawi. 
d. Meninggalkan aktifitas duniawi dan ukhrawi.
e. Lebih mementingkan urusan duniawi daripada urusan ukhrawi.

38. Larangan untuk tidak melakukan transaksi jual beli terdapat dalam surah....
a. Q.S. al-Jumu’ah : 19
b. Q.S. al-Jumu’ah : 9 
c. Q.S. al-Qashash : 77
d. Q.S. at-Taubah : 38
e. Q.S. an-Nisâ’:58

39. Kata ( خَيْرٌ )artinya....
a. Lebih utama
b. Lebih terpuji
c. Lebih menyenangkan
d. Lebih baik 
e. Lebih dermawan

40. ( آتَاكَ ) Penggalan ayat di samping berarti ....
a. Yang telah dianugerahkan kepadamu.
b. Yang telah diberikan kepadamu.
c. Yang telah dilimpahkan Allah kepadamu.
d. Yang telah dianugerahkan Allah kepadamu. 
e. Yang telah diberkahi Allah kepadamu.

B. Jawablah Pertanyaan Berikut dengan Benar.

Jawablah pertanyaan-pertanyaan berikut ini dengan benar. 

1. Jelaskan apa yang dimaksud dengan “Ulul albab” sebagaimana digambarkan dalam QS. Ali Imran: 190-191!
2. Uraikan dengan jelas apa isi kandungan dari Al-Qur’an surah Al-Isra’: 36!
3. Jelaskan “Asbabun Nuzul” atau latar belakang diturunkannya Al-Qur’an surah ArRahman: 1-4.!
4. Diantara strategi menyelesaikan perselisihan menurut ananda yang baik adalah?
5. Sebutkan satu cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kerukunan antara sesama manusia?
6. Uraikan isi kandungan dari QS. al-Hujurat ayat 13.!
7. Sebutkan beberapa perintah Allah yang terkandung dalam QS. Al-Jumu’ah: 9-11
8. Uraikanlah isi kandungan yang terdapat dalam QS. Al-Qashash: 77
9. Jelaskan ciri-ciri mukmin yang memiliki etos kerja sebagaimana tertuang dalam QS. Al-Jumu’ah: 9-11
10. Jelaskan dua macam kebahagiaan yang harus diraih sebagaimana di jelaskan dalam QS. Al-Qashash: 77

Jawaban Essay

1. Ulul Albab adalah orang-orang yang memiliki akal yang murni, yang tidak diselubungi oleh kulit, yakni kabut ide, yang dapat melahirkan kerancuan dalam berpikir. Yang merenungkan tentang fenomena alam raya akan dapat sampai kepada bukti yang sangat nyata tentang keesaan dan kekuasaan Allah SWT

2. Al-Maraghi dalam tafsirnya menjelaskan bahwa ayat ini memberi tuntunan bahwa dilarang mengikuti sesuatu yang tidak ada pengetahuan tentang hal itu, baik berupa perkataan maupun perbuatan. Bahkan al-Qatadah menegaskan, janganlah seseorang mengatakan mendengar padahal ia belum mendengarnya, jangan menyatakan melihat padahal ia sendiri belum melihatnya dan jangan pula menyatakan mengetahui sesuatu padahal ia sendiri belum mengetahuinya. Karena itulah Rasu Saw. “meminta umatnya untuk menjauhi sikap menduga-duga (dzan) atau berprasangka karena hal itu termasuk perbuatan dosa”.

3. Al-Maraghi menjelaskan bahwa asbabun nuzul surah Ar-Rahman adalahorangorang Kafir Mekah menuduh bahwa Nabi Muhammad diajari oleh seseorang tentang Al-Quran. Ini diungkap dalam ayat: Innama yu’allimuhu basyarun. Surat ArRahman menjawab bahwa Allah Yang Maha Rahman yang mengajari Al-Qu’ran kepada Nabi Muhammad SAW.

4. strategi menyelesaikan perselisihan adalah saling memaafkan, dan memusyawarahkan hal yang menjadi perselisihan.

Setelah mencapai hasil musyawarah maka untuk mencapai yang terbaik dari hasil suatu musyawarah, hubungan dengan Tuhan pun harus harmonis, itu sebabnya hal ketiga yang harus mengiringi musyawarah adalah permohonan magfirah dan ampunan Ilahi, sebagaimana ditegaskan oleh pesan QS. Ali-‘Imran: 159

Kendatipun hasil musyawarah untuk menyelesaikan perselisihan itu sudah dicapai, hendaklah tetap menyandarkan diri dengan bertawakkal kepada Allah agar keputusan yang telah diambil bersama itu tidak menyalahi ketentuanNya dan dimudahkan jalannya oleh Allah dalam melaksanaan hasil keputusan musyawarah tersebut.

5. Harus saling menghargai satu dengan yang lain tanpa membedakan warna kulit, budaya, bahasa dan suku bangsa.

6. Isi kandungan dari QS. al-Hujurat ayat 13 adalah menjelaskan tentang prinsip dasar hubungan antara manusia. bahwa manusia diciptakan bersuku-suku dan berbangsa-bangsa untuk saling berta’aruf (mengenal). Mengenal (ta’aruf) secara baik antar individu satu dengan individu lainnya, akan berimplikasi pada pola relasi yang saling menghargai dan menghormati antar sesama sehingga menimbulkan kehidupan yang dialogis dan harmonis. Kesamaan status kemanusiaan, mendorong manusia untuk berusahalah untuk meningkatkan ketaqwaan agar menjadi yang termulia di sisi Allah.

7. a. Menunaikan shalat Jum’at, Maka bersegeralah kamu kepada mengingat Allah dan tinggalkanlah jual beli.
b. Setelah ditunaikan shalat, Maka bertebaranlah kamu di muka bumi; dan carilah karunia Allah dan ingatlah Allah banyak-banyak supaya kamu beruntung

8. a. Allah memerintahkan manusia bekerja dan berusaha untuk kepentingan urusan duniawi dan ukhrawi secara seimbang. Tidak boleh orang mengejar duniawinya saja, dan melupakan akhiratnya. Begitu juga sebaliknya. Keduanya hendaknya berjalan dan diperhatikan secara seimbang.

b. Memerintahkan manusia agar berbuat baik terhadap sesamanya, sebagaimana Allah berbuat baik kepada manusia.

c. Melarang manusia membuat kerusakan, baik kerusakan untuk dirinya sendiri maupun untuk lingkungan. Manusia harus merawat dan menjaga bumi, tidak boleh dirusak.

9. Ciri-ciri mukmin yang memilki etos kerja adalah selalu melaksanakan ibadah shalat kepada Allah apabila azan sudah dikumandangkan(menghentikan aktifitas). selanjtnya selalu bekerja keras dan selalu mengingat Allah Swt.

10. Adapun dua kebahagian yang harus diraih adalah kebahagian dunia dan akhirat. Allah memerintahkan manusia bekerja dan berusaha untuk kepentingan urusan duniawi dan ukhrawi secara seimbang. Tidak boleh orang mengejar duniawinya saja, dan melupakan akhiratnya. Begitu juga sebaliknya. Keduanya hendaknya berjalan dan diperhatikan secara seimbang.

Kunjungilah selalu www.bacaanmadani.com semoga bermanfaat. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.